Asal-usul Judul


Dalam bahasa Indonesia, ulah goblog merupakan ungkapan agak kasar dari bahasa Sunda yang berarti jangan menjadi bodoh. Itulah sebenarnya tujuan dengan adanya tulisan-tulisan di blog ini. Mencoba berpikir jernih, berlogika dan memandang sesuatu secara seksama dari hal-hal yang sebenarnya sederhana tapi kerap dipandang sebelah mata. Dengan berpikir dan menuangkannya dalam tulisan, meskipun sederhana akan membuat pemikiran-pemikiran itu tetap menjadi nyata. Terlepas dari diikuti, diiyakan atau tidak oleh orang lain, pemikiran-pemikiran yang terdokumentasikan secara rapi akan menggambarkan langkah-langkah kecil atau bahkan mungkin lompatan logika kita dari waktu ke waktu. Itulah tujuannya, dan itulah adanya.

Sedangkan filosofi dari judul utama blog ini, sebenarnya adalah sebuah ambiguitas. Judul Fa(s)t Forward, dengan huruf "s" yang berada di dalam kurung, sebenarnya memiliki dua pengertian, yakni Fat Forward dan Fast Forward. Istilah pertama adalah Fat Forward, yang menurut terjemahan bebas penulis sendiri artinya adalah Gendut ke Depan. Ini merepresentasikan bahwa memang pada saat ini, kondisi tubuh penulis sedang “melar-melar”-nya, dalam artian sejati. Kelebihan berat badan? Iya. Maka dari itu bentuk perut yang menonjol ke depan, memunculkan istilah Gendut ke Depan. Akan tetapi, sebenarnya istilah Fat Forward ini, juga mengandung pemahaman khusus. Yakni, apabila kita tidak memiliki kekhususan yang membuat kita spesial dan mudah dikenali, maka dengan adanya sesuatu yang bisa ditonjolkan (termasuk urusan perut sekalipun), bisa membuat kita mudah dikenali (bukan terkenal) orang lain, atau setidaknya dengan mudah dibedakan dari khalayak ramai.

Arti kedua, yakni Fast Forward berarti melaju dengan cepat ke depan. Secara jujur, penulis terinspirasi dari tombol yang ada di Tape ataupun VCD/DVD Player, dimana ada tombol untuk memajukan bagian lebih cepat ke depan, yang disingkat dengan F.F. Belakangan, baru penulis tahu bahwa itu adalah kependekan dari Fast Forward. Jiwa yang dimaksud adalah, bahwa kita harus bisa pemikiran kita harus lebih jauh dan lebih maju dari pemikiran pada umumnya, dan kalau dimungkinkan pikiran kita haruslah melompat lebih dari pemikiran konvensional dan umum.

Maka dengan adanya kombinasi fakta kelebihan berat badan dengan keinginan melaju lebih cepat dari keadaan umum, muncullah istilah FA(S)T FORWARD.

1 comment:

  1. adhef6:03 PM

    Cool..
    Aya-aya wae kang mpeb mah.
    Jempol ah..

    ReplyDelete